Telah lebih dari 200 orang mengisi kelas profesi di SMK Bakti Karya Parigi. Lebih dari 5 negara bekunjung ke SMK Bakti Karya Parigi. Semua ini dapat dilaksanakan karena dorongan publik untuk bersama-sama mewujudkan sekolah yang terbuka, dapat diakses oleh siapa saja.

SMK Bakti Karya Parigi kita kenal dengan sekolah multikultural. Siswa dari Aceh hingga Papua kini bersekolah di SMK Bakti Karya parigi dengan beasiswa penuh selama tiga tahun untuk belajar dan saling memuliakan tanpa membandingkan suku, ras dan agama. Siswa, dan tentu kita semua dapat menerima, mengapresiasi, dan melindungi perbedaan serta keragaman hidup ini. Tiga tahun ini bukanlah akhir, melainkan awal dari perjalanan panjang untuk hidup berbangsa dan bernegara.

 


 


SMK Bakti Karya Parigi sampai saat ini hanya memliki dua bangunan yang dijadikan sebagai ruang teori, dan dua ruang milik yayasan sebagau ruang kantor. Kelas profesi pun dilaksanakan diruang teori setiap hari sabtu, begitupun dengan kegiatan-kegiatan lainnya. Tentu kita semua bertanggungjawab atas terselenggaranya pendidikan yang menyenangkan dan refresentatif pada setiap pembelajaran.

Tahun 2019 ini kami ingin menambah 2 ruang lagi, sehingga SMK Bakti karya memiliki 4 ruangan; 2 ruang tertutup dan 2 ruangan terbuka.

 

 

Penambahan ruangan ini juga bentuk penyempurnaan program kelas multikultural. Berkat partisipasi publik, kelas multikultural telah mendatangkan sebanyak 18 provinsi. Mereka telah berinteraksi dan merasakan keragaman Indonesia. Maka, penambahan 2 ruang baru ini, akan menyempurnakan pemahaman mereka.

Mulai saat ini, kita akan mendesain setiap bangunan yang didirikan akan dibentuk sesuai dengan rumah adat masing-masing-masing provinsi di Indonesia.  Siswa dengan sendirinya akan membaca dan melilhat secara langsung bangunan khas Indonesia di SMK Bakti Karya Parigi, begitupun dengan tamu-tamu yang berkunjung ke SMK Bakti Karya Parigi. Pada akhirnya, SMK Bakti Karya Parigi selain menjadi tujuan pendidikan multikultural juga akan menjadi tujuan wisata budaya Indonesia.

JULANG NGAPAK

Dalam project awal ini, kami ingin melibatkan publik untuk membuat rumah adat khas jawa barat dengan jenis rumah Julang Ngapak. Rumah Adat Julang Ngapak adalah Rumah adat Jawa Barat mempunyai atap dengan bentuk seperti sayap burung yang sedang digunakan untuk terbang. Jadi, ada lekukan yang membentuk sayap dan puncak atap rumah membentuk badan burungnya. Julang Ngapak dalam bahasa Indonesia yang mempunyai makna berarti burung yang mengepakkan sayapnya. Selain itu dibagian atapnya memiliki kemripan seperti burung yang sedang mengepakkan sayapnya. Pada umunya rumah ini dilengkapi dengan cagak gunting atau capit hurang dibagian bubungannya. Penerapan begitu bertujuan untukmencegah rembesanya air dibagian pertemuan antar atap yang terletak pada ujung atas rumah.

 

Adapun ruang julang ngapak ini akan difungsikan sebagai :

  1. Ruang pertunjukan teater bagi siswa-siswa SMK Bakti Karya parigi;
  2. Ruang Pertemuan orang siswa SMK Bakti Karya Parigi;
  3. Ruang Pentas Seni; dan
  4. Ruang talkshow

 

 

Progres Julang Ngapak 26 April 2019

Progres Julang Ngapak 1 Mei 2019

Progres

Pembangunan

Pendanaan

 

Dapatkan Newsletter Dari Kami

Cart