Festival 28 Bahasa

Festival 28 Bahasa merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan SMK Bkati Karya Parigi, betepatan dengan momentum hari sumpah pemuda tanggal 28 Oktober 2018. Keragaman menjadi aset mahal yang dimiliki bangsa ini salah satunya adalah bahasa. Ada lebih dari 500 bahasa daerah di indonesia, melalui Festival ini, kami menghadirkan 28 bahasa yang berbeda dari setiap daerah di indonesia. Bahasa disampaikan dengan orasi-orasi yang menyampaikan pesan multikultural dari daerahnya masing-masing. Mulai dari pembahasan mengenai suku, adat, budaya, dan kebiasaan sampai isu-isu yang memang menjadi permasalah di daerahnya. Penyampain orasi dikemas dengan dua bahasa, pertama dengan bahasa daerah dan selanjutnya dengan bahasa indonesia.

Festival 28 Bahasa

Selain orasi kebahasaan festival ini juga menghadirkan Rumah adat dari masing-masing daerah, dan makanan khas dari daerahnya. Misalkan dari papua mendirikan rumah “Honai” dengan papeda tentunya sebagai makanan khasnya. Rumah adat yang sekaligus menjadi stand diserbu pengunjung Festival yang begitu antusias ingin berselfi sekaligus menikmati makanan yang memang dirasa aneh. Pengunjung yang datang ke acara ini berasal dari berbagai latar belakang ada mahasaiswa, siswa tk, sd, smp, sma, serta warga masyarakat di dusun cikubang.

Festival 28 Bahasa ini, akan menjadi agenda tahunan SMK Bakti Karya Parigi sebagai wahana edukasi bagi siswa/siswi mengenai pentingnya merayakan keberagaman dan merawatnya. Kedepannya Festival ini tidak hanya akan menampilkan orasi dari 28 bahasa yang berbeda tetapi akan lebih dari itu.

Recommended For You

Keluarganesia : Buku Antalogi 1 Kelas Multikultural
Keluarganesia : Buku Antalogi 1 Kelas Multikultural

Keluarganesia, karya tulis pelajar SMK Bakti Karya Parigi, Kabupaten Pangandaran Kementeri

Read more
Seminar : “Perempuan juga harus memikirkan masa depan bangsa”
Seminar : “Perempuan juga harus memikirkan masa depan bangsa”

“Perempuan juga harus memikirkan masa depan bangsa”, ini adalah statemen Imas Masitoh,

Read more
Dapatkan Newsletter Dari Kami

Cart