Tentang Kami

header smk baktikarya

Logo resmi SMK Bakti Karya Parigi merupakan pengembangan dari logo Yayasan Darma Bakti Karya (YDBK) yang memuat filosofi khusus. Filosofi dari setiap bagian logo SMK Bakti Karya menjadi prinsip dasar dan tujuan akhir dari SMK Bakti Karya.

  1. Warna Biru bercampur Abu merupakan simbol kedalaman dan kebijaksanaan. Biru dalam logo ini masuk dalam kategori yang kuat (biru tua). Biru Tua ini adalah bentuk perangsangan pada pemikiran yang jernih dan menenangkan pikiran serta membentuk konsentrasi konsisten (tuntas) dalam suatu hal. Konsep biru sebegai warna yang tenang, dingin mengahanyutkan (berdampak) adalah bentuk inovasi yang menguntungkan bagi kehidupan berkelanjutan. Biru juga warna corporate, bersinergi dengan profesional dengan mengedepankan kepercayaan dari semua kalangan.
  2. Warna putih yang melingkari adalah simbol kebeningan hati dan pikiran. Demikian Putih juga simbol keterbukaan dan keleluasaan dalam pemikiran. Keterbukaan pikiran menjadi syarat penerimaan dalam menerima setiap perbedaan. Putih sebagai ketenanagan hati, puncak dari spiritual manusia dalam menyikapi masalah dengan bijak. Putih sebagai virus penyebar kebaikan untuk menciptakan kebaikan.
  3. Warna oranye merupakan simbol spirit muda ceria dan motivasi.  Hal ini wujud keberanian dari setiap individu manusia, keramahan dalam bergaul dan hangat dalam kebersamaan.
  4. Katup kamera adalah simbol dari menyejarah, pengabadian momentum dengan memotret sejarah untuk terus dipelajari. Hal ini juga bagian penyebaran informasi pada setiap orang demi terwujudnya pendidikan yang universal dan dapat diakses dalam keadaan apapun dimanapun.
  5. Gerigi mesin adalah kecanggihan jaman yang terus up grade yang meski dipelajari dan dikembangkan demi kemaslahatan kehidupan.
  6. Rantai adalah simbol konektifitas manusia dengan manusia, manusia dengan lingkungan hidup dan kehidupan hari ini dengan masa depan. Rantai adalah Building Sustainable Development demi keberlangsungan semesta dan generasi umat manusia
  7. Padi dan kapas bermakna kekayaan bangsa Indonesia yang meski diolah untuk kesejahteraan bersama.
  8. Bentuk prisai adalah bentuk pertahanan akan nilai Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika serta nilai budaya yang dimiliki.
  9. Pita adalah pengukuh tekad SMK Bakti Karya
  10. Parigi adalah lokasi dimana sebuah perubahan akan bermula dari sini.
  • Visi

Menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan kejuruan bertaraf internasional dan berbasis pada budaya Indonesia sehingga mampu mencetak lulusan yang unggul berkarakter.

  • Misi
  1. Memupuk kesadaran peserta didik untuk mengaji, mengkaji serta mengimplementasikan pengetahuan dalam bentuk karya yang bisa dinikmati oleh semua orang serta menghasilkan nilai.
  2. Menciptakan manusia yang unggul dari segi kecerdasan intelektual, spiritual dan emosional.
  3. Mencerdaskan kehidupan bangsa dari tataran teoritis dan praktis sehingga mencetak manusia yang berdaya guna, berhasil bagi dirinya yang mampu mensejahtrakan orang banyak dengan memperhatikan lingkungan alam.
  4. Menciptakan pola pembelajaran dengan pendekatan multiple intelegence sehingga kelak menjadi manusia yang multi-inter-disipliner.
  5. Melaksanakan sistem manajemen mutu (SMM) berbasis ICT dan berkelanjutan.
  6. Meningkatkan kualitas tenaga pendidik hingga pada tataran profesional
  7. Meningkatkan kualitas dan kuantitas peserta didik serta fasilitas dan lingkungan belajar yang nyaman dan memenuhi standar.
  8. Mengembangkan kurikulum, dan metodologi pembelajaran dan sistem penilaian berbasis kopetensi.
  9. Menyelenggarakan pembelajaran sistem CBT (Competency-Based Training) dan PBE (Production-Based Education) dengan pendekatan ICT.
  10. Membangun Kemitraan dengan berbagai lembaga baik dalam maupun luar negeri.
Dapatkan Newsletter Dari Kami

Cart