Sekapur Sirih

HALO KAWAN NUSANTARA

Apa yang dicita-citakan seluruh umat manusia? Salah satu yang terpenting adalah hidup toleran dan damai di tengah keragaman, bukan? Yak, jika setuju, ayo wujudkan cita-cita itu dengan gerakan di sektor paling penting : pendidikan.

Kami pecaya dengan melakukan pendekatan pendidikan yang menjunjung keragaman melalui program Kelas Multikultural ini, perlahan kita terhubung sebagai anak bangsa.

Namun, kami butuh kontribusi semua pihak untuk menyukseskan program ini agar sesuai dengan cita cita kita bersama 

AI NURHIDAYAT
Ketua Yayasan Darma Bakti Karya

MENJADI INDONESIA!

Masuk ke dalam narasi ke-Indonesia-an, sambung menyambung menjadi satu itulah Indonesia. Bangunlah jiwanya bangunlah badannya untuk Indonesia.

Saya yakin seluruh peserta dan pihak yang terlibat turut merasakan hal yang sama saat menyaksikan siswa dari Aceh hingga Papua bersekolah di SMK Bakti Karya Parigi dengan beasiswa penuh. Hal itu terjadi karena kita berkolaborasi dan saling memberi kontribusi.

Di sini lah kita dalam spirit yang sama, membangun Indonesia, menjadi Indonesia.

Irpan Ilmi S.Hum., M.M
Kepala SMK Bakti Karya

Tentang Bakti Karya

SMK Bakti Karya Parigi berada di bawah naungan yayasan yang sah, memiliki Akta Pendirian Yayasan Darma Bakti Karya Pangandaran Tanggal 16/10/2013 No.01 dan disahkan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum melalui Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia dengan nomor : AHU-1111.H.01.04. Tahun 2014 dengan NPWP : 03.330.391.8-442.000. Kini Yayasan tengah berbenah dan menempuh proses peralihan kepengurusan sesuai akta baru Yayasan Darma Bakti Karya. 

Sekolah ini juga memiliki Izin Operasional melalui Keputusan Kepala Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Pangandaran dengan nomor : 421.3/4449 Disdikbudpora/2014.

Dengan begitu, SMK Bakti Karya Parigi telah terdaftar di Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah dengan nomor pokok sekolah nasional NPSN : 6988350. Pada tanggal 16 Juni 2015, SMK Bakti Karya Parigi telah terverifikasi sebagai SMK terakreditasi.

  • VISI
  • MISI
  • DATA SEKOLAH

Menjadi lembaga pendidikan dan pelatihan kejuruan bertaraf internasional dan berbasis pada budaya Indonesia sehingga mampu mencetak lulusan yang unggul berkarakter.

 

  • Memupuk kesadaran peserta didik untuk mengaji, mengkaji serta mengimplementasikan pengetahuan dalam bentuk karya yang bisa dinikmati oleh semua orang serta menghasilkan nilai.
  • Menciptakan manusia yang unggul dari segi kecerdasan intelektual, spiritual dan emosional.
  • Mencerdaskan kehidupan bangsa dari tataran teoritis dan praktis sehingga mencetak manusia yang berdaya guna, berhasil bagi dirinya yang mampu mensejahtrakan orang banyak dengan memperhatikan lingkungan alam.
  • Menciptakan pola pembelajaran dengan pendekatan multiple intelegence sehingga kelak menjadi manusia yang multi-inter-disipliner.
  • Melaksanakan sistem manajemen mutu (SMM) berbasis ICT dan berkelanjutan.
  • Meningkatkan kualitas tenaga pendidik hingga pada tataran profesional
  • Meningkatkan kualitas dan kuantitas peserta didik serta fasilitas dan lingkungan belajar yang nyaman dan memenuhi standar.
  • Mengembangkan kurikulum, dan metodologi pembelajaran dan sistem penilaian berbasis kopetensi.
  • Menyelenggarakan pembelajaran sistem CBT (Competency-Based Training) dan PBE (Production-Based Education) dengan pendekatan ICT.
  • Membangun Kemitraan dengan berbagai lembaga baik dalam maupun luar negeri.

 

 

 

Nama Resmi Sekolah:SMK Bakti Karya Parigi
Naungan Yayasan:Yayasan Darma Bakti Karya
Tahun Berdiri Sekolah:2012 (di bawah yayasan sebelumnya)
Tahun Pemindahan Naungan:2014 (Yayasan Darma Bakti Karya Pangandaran
Tahun Penyesuaian Naungan:2016  (Yayasan Darma Bakti Karya)
Nomor Izin Operasional:421.3/4449 Disdikbudpora/2014
Nomor NPSN:69883502
Nilai Akreditasi:B
Kepala Sekolah:Irpan Ilmi, S.Hum.  (Sejak Juli 2016)
Kepala Sekolah Sebelumnya:Tedi Priatun Syamsudin S.Pd.  (Sejak 2013- Juli 2016)
Program Keahlian:Teknik Informasi dan Komunikasi (TIK)
Program Jurusan:Multimedia, mulai tahun 2016.
Jumlah siswa (terupdate 2016)x:Multimedia, mulai tahun 2016.
Jumlah Lulusan:tahun 2014 lulus 20 orang, tahun 2015 lulus 3 orang, tahun 2016 lulus 5 orang, tahun 2017 lulus 5 orang, tahun 2018 lulus 6 orang. Semuanya lulus Program Jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ).
Jumlah Guru:18 orang (termasuk TU dan Penjaga sekolah)

SEJARAH

SMK Bakti Karya Parigi mulai beroperasi dengan nama SMK Teknik Nasional

SMK Bakti Karya Parigi resmi terintegrasi dengan Komunitas Belajar Sabalad disertai manajemen baru yang lebih terbuka dan dikelola oleh guru-guru muda. Sekolah ini berbeasiswa penuh tanpa pungutan apapun.

Gagasan mengenai kelas multikultural lahir pada acara ulang tahun Komunitas Belajar sabalad melalui diskusi berbagai kalangan

SMK Bakti Karya Parigi mulai menjalankan program Kelas Multikultural dengan melibatkan 40 siswa dari 6 provinsi. Biaya Pemberangkatan dan pengasramaan menggunakan Crowdfunding melalui www.kitabisa.com

SMK Bakti Karya Parigi menjalankan program Kelas Multikultural angkatan ke 2 dengan melibatkan 53 siswa dari 11 provinsi. Biaya konsep pembiayaan menjadi 2 skema : Bakti Karya Live dan Bakti Karya Fellow

SMK Bakti Karya Parigi menjalankan program Kelas Multikultural angkatan ke 3 dengan melibatkan 80 siswa dari 18 provinsi. 

SMK Bakti Karya Parigi menjalankan program Kelas Multikultural angkatan ke 4 dengan meluluskan 35 alumni dan melibatkan 65 siswa dari 20 provinsi. 

FAQ

Setiap tahun, kami menerima siswa melalui pengumuman terbuka Rekrutmen Siswa yang kami sebarkan melalui seluruh akun media sosial jaringan. Kami juga dibantu oleh relawan di setiap daerah untuk membantu proses perizinan dan pemberangkatan. Kami melakukan verifikasi dan wawancara via telpon.

Siswa juga dapat langsung mendaftar ke lokasi di Jl.Raya Cintaratu, Desa Cintakarya, Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat 46393, Indonesia. Phone : +62813-2352-7142

Sekolah ini dibiayai oleh dana pemerintah( BOS, BPMU, dan Program Pangandaran Hebat). Untuk membiayai kebutuhan asrama, kami memperolehnya dari sumbangan yang dikelola transfaran melalui program Bakti Karya Fellow (BKF) Kami juga bekerja sama dengan beberapa NGO di dalam negeri. 

Kami memiliki prinsip agar sekolah ini dapat diakses siapa saja, terutama pada mereka yang selama ini terhambat karena biaya. Menyadari perlu adanya kesetaraan, maka kami tidak mendiskriminasi siapapun dengan menggratiskan seluruh biaya pendidikan. Bagi yang membutuhkan, kami mencarikan dana transportasi siswa, akomodasi dan logistik. Kami telah melakukannya 2 tahun ini.

Hal yang menjadi pokok kenapa bisa menyelenggarakan sekolah dan asrama secara gratis adalah berkat sumbangan dari kakak asuh dan donor. Karena itu kami terus terbuka dan mengajak semua kalangan untuk gotong royong mewujudkan sekolah ini agar tetap berbeasiswa penuh atau gratis.

Sekolah ini membutuhkan sedikitnya Rp 30.000.000.- setiap bulan dan Rp 20.000.000.- untuk kebutuhan asrama

Siapapun ikut berkontribusi dengan bergabung dalam program BKF. atau menjadi relawan, atau ikut menyebarkan informasi lembaga kepada kolega, saudara atau teman disekitarnya.

Dapatkan Newsletter Dari Kami

Cart