BANTU BERANGKATKAN ANGKATAN BARU

Siswa akan berangkat menuju Jakarta tanggal 9 Agustus. Kawankawan masih bisa berpar t isipasi untuk gotong royong berangkatkan adik-adik kita. Kesempatan untuk saling mengambil peran masih terbuka. Yuk gabung!

Donasi melalui rekening Yayasan Darma Bakti Karya
Bank BRI - 401 901 007 247 533

Segenggam Cita
untuk Senyuman Ibu

Kenalkan, ini teman baru kita, namanya Robbi Hardiansyah Manik. Siswa baru angkatan ke VI Kelas Multikultural ini berasal dari Kerinci Kanan Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Pernah ke sana? Jika pernah, pasti tahu betul kalau di Siak terkenal dengan Sungai Siak yang membelah wilayahnya, juga hamparan perkebunan sawitnya yang luas. Kebanyakan penduduknya pun berprofesi sebagai petani sawit yang datang sebagai transmigran dari berbagai daerah di Indonesia.

Itulah mengapa Robbi sangat familier dengan konsep multikultural. Di Siak, sebagai keturunan transmigran asal Garut, ia hidup berdampingan dengan orang-orang Melayu, Sunda, Jawa, Batak, Nias, dan Madura. Ia melihat dan merasakan langsung bagaimana orang-orang tetap hidup berdampingan walau membawa budaya dan bahasa yang berbeda satu dengan lainnya. Maka ketika Kepala Sekolahnya memberitahu Robbi tentang SMK Bakti Karya Parigi, Robbi sangat tertarik. Terlebih, sekolah ini berbeasiswa penuh, biaya perjalanan dari daerah ke Pangandaran, biaya makan, seragam, buku dan iuran sekolah, semua gratis. Harapannya, Robbi bisa sedikit meringankan beban ibunya.

Robbi sangat menyayangi ibunya, setiap pagi ia membantu mengantar gorengan ibunya ke warungwarung sebelum sekolah daring dimulai. Ia pun rela menempuh 1 jam perjalanan ke kota untuk belanja kebutuhan kue ibunya. Ayah Robbi sudah meninggal dunia sejak ia di bangku kelas 3 SD, ia pun memiliki Kakak yang masih bersekolah di SMK dan adik yang baru saja masuk SMP. Ia berharap semangat juangnya mengejar beasiswa pendidikan sampai ke luar pulau bisa menginspirasi saudara dan orangorang di sekitarnya. Bahwa pendidikan adalah sesuatu yang harus diperjuangkan. Selain itu, yang terpenting adalah, ia ingin membuat sang ibu bangga padanya.

Robbi berharap, SMK Bakti Karya Parigi bisa menjadi tempatnya menambah pengalaman dan ilmu pengetahuan untuk bekal masa depannya, melatih kemandirian, juga mengasah skill yang dimilikinya.

Kelak, saat ia kembali lagi ke Siak setelah menuntut ilmu, ia ingin menghidupkan sektor pertanian dan perdagangan di daerahnya. Ia ingin Siak mampu mewujudkan ketahanan pangan yang mandiri, agar pasar-pasar tradisional di sana menjual hasil tani warganya sendiri. Mari kita bantu dan dukung Robbi untuk mewujudkan cita-citanya dengan patungan membelikan tiket pesawat untuknya. Langkah pertamanya untuk sampai di SMK Bakti Karya Parigi adalah sebuah harapan besar

Masuk ke akun kamu

1 Hektar Saja

Donasi lahan untuk kemandirian pangan Asrama Kelas Multikultural