Laporan Kegiatan Usaha

Pengertian Laporan Kegiatan Usaha

Laporan kegiatan usaha adalah laporan kegiatan yang berhubungan dengan setiap kejadian, lancar tidaknya kegiatan usaha, dan apakah ada kemajuan atau kemunduran terhadap usaha tersebut.

Dari sebuah laporan kegiatan usaha, seorang pimpinan perusahaan akan dapat mengetahui semua kejadian dalam perusahaannya dan dapat mengendalikan jalannya perusahaan dengan melihat laporan kegiatan usaha.

Pengertian dan Manfaat Laporan Kegiatan Usaha

Laporan kegiatan usaha dibuat dan disusun harus secara sistematis, cermat, dan logis.

Penyusunan laporan kegiatan usaha, merupakan penyampaian informasi tentang maju mundurnya pengelolaan usaha, sehingga melalui laporan kegiatan usaha akan tercipta komunikasi antara yang melaporkan dengan pihak yang diberi laporan.

Penyusunan laporan kegiatan usaha, hendaknya bersifat komunikatif. Komunikatif disini artinya adalah jelas dan mudah dipahami oleh semua pihak.

Tujuan Penyusunan Laporan Kegiatan Usaha

Tujuan penyusunan laporan kegiatan usaha adalah untuk memberi keterangan tentang masalah kegiatan usaha sehingga dapat diketahui oleh pemimpin atau bagian yang menyusun laporan kegiatan usaha.

Atau dapat kita simpulkan bahwa penyusunan laporan kegiatan usaha ialah untuk mengetahui
  1. posisi tenaga kerja
  2. keuangan
  3. peralatan
  4. bahan baku
  5. produksi
  6. pemasaran
  7. penjualan
  8. pendistribusian
  9. promosi
  10. likuiditas
  11. solvabilitas
  12. rehabilitas usaha

Menganalisis Laporan Kegiatan Usaha

Laporan Kegiatan Usaha

Analisis pelaksanaan kegiatan usaha penting untuk dibuatkan dan disusun secara sistematis dan secermat mungkin serta logis.

Laporan kegiatan usaha adalah penyampaian informasi sehingga tercipta komunikasi antara yang melaporkan dan pihak yang diberi laporan.

Laporan pelaksanaan kegiatan haruslah bersifat komunikatif, jelas serta mudah dipahami oleh semua pihak dan kalangan.

Agar laporan pelaksanaan kegiatan menjadi komunikatif sebaiknya laporan pelaksanaan kegiatan usaha harus disusun dalam bahasa yang lugas dan mudah untuk dimengerti.

laporan pelaksanaan kegiatan dikatakan logis apabila segala keterangan yang dianalisis dapat diteliti alasan-alasannya, apakah laporannya masuk akal atau tidak.

laporan pelaksanaan kegiatan dikatakan sistematis apabila keterangan-keterangan yang dikemukakan didalam laporan pelaksanaan kegiatan usaha disusun dalam urutan yang memperlihatkan adanya saling keterkaitan.

Laporan pelaksanaan dikatakan lugas jika bahasa yang digunakan langsung menjawab persoalan yang nyata dan tidak bertele-tele.

Analisis Dalam Pelaksanaan Kegiatan Usaha

Pada dasarnya yang perlu dianalisa dalam pelaksanaan kegiatan usaha sebagai berikut.
  1. Bidang kegiatan usaha
  2. Rugi atau laba
  3. Bidang keuangan
  4. Bidang permodalan
  5. Bidang administrasi dan pembukuan
  6. Bidang ketenagakerjaan
  7. Bidang pemasaran
  8. Bidang organisasi

Pada akhir tahun seluruh kegiatan usaha dilaporkan untuk dianalisis oleh pihak yang berkepentingan, untuk memperoleh informasi yang tepat dalam mengambil keputusan.

Analisis laporan keuangan adalah evaluasi atau penafsiran neraca dan dafar perubahan posisi keuangan perusahaan.

Mengadakan analisis laporan keuangan sangat penting untuk mengetahui keadaan dan perkembangan keuangan dari perusahaan yang bersangkutan. Analisis laporan keuangan selalu berhubungan dengan masalah neraca, rugi atau laba dan perubahan modal perusahaan.

Analisis laporan keuangan pada hakikatnya adalah untuk mengadakan penilaian atas keadaan keuangan perusahaan.

Untuk lebih dapat menggambarkan perubahan posisi keuangan dan sifat pengembangan perusahaan dari waktu ke waktu suatu perusahaan diharuskan membuat laporan keuangan paling lama 2 tahun terakhir dari kegiatan usahanya

Pembuatan Laporan Kegiatan Usaha

Pembuatan Laporan Kegiatan Usaha

Pembuatan laporan kegiatan usaha terbilang sangatlah penting, terutama untuk menganalisis suatu usaha.

Berikut ini adalah contoh laporan pelaksanaan kegiatan usaha, kalian dapat melengkapi format laporan tersebut pada usaha yang kamu pilih atau ingin kembangkan.

Laporan Pelaksanaan Kegiatan Usaha

Apa saja yang penting dalam laporan pelaksanaan kegiatan usaha ?
Terdapat empat hal penting dalam membuat atau menyususun laporan pelaksanaan kegiatan usaha, ke empat bidang tersebut adalah sebagai berikut.
  1. Bidang kegiatan usaha
  2. Bidang keuangan
  3. Bidang permodalan
  4. Bidang administrasi dan pembukuan

a. Bidang kegiatan usaha

Dalam laporan bidang kegiatan usaha, kita memerlukan data-data sebagai berikut.

1) Jenis kegiatan

  1. Jenis usaha…….,volume Rp……
  2. Jenis usaha…….,volume Rp……
  3. Jenis usaha…….,volume Rp……
  4. Jenis usaha…….,volume Rp……
  5. Jenis usaha…….,volume Rp……

2) Rugi atau laba

  1. Unit ……..rugi / laba Rp ……
  2. Unit ……..rugi / laba Rp ……
  3. Unit ……..rugi / laba Rp ……
  4. Unit ……..rugi / laba Rp ……
  5. Unit ……..rugi / laba Rp ……

b. Bidang keuangan

Dalam laporan keuangan, kita memerlukan data-data sebagai berikut.

  1. Neraca terlampir
  2. Analisis
  3. Likuiditas =………..%
  4. Solvabilitas =………..%
  5. Rentabilitas =………..%

c. Bidang permodalan

Dalam laporan permodalan, kita memerlukan data-data sebagai berikut.

  1. Modal sendiri …………. =Rp……….
  2. Modal asing ………… . =Rp……….
    1. Pinjaman jangka pendek …………. =Rp……….
    2. Pinjaman jangka panjang …………. =Rp……….
    3. Pinjaman lain-lain …………. =Rp……….

d. Bidang administrasi dan pembukuan

Dalam laporan administrasi dan pembukuan, kita memerlukan data-data sebagai berikut.

1. Buku-buku

  1. Buku pembelian tunai …………… =………….
  2. Buku pembelian kredit …………… =………….
  3. Buku persediaan barang …………… =………….
  4. Buku penjualan tunai…………… =………….
  5. Buku voucher …………… =………….

2. Dokumen-dokumen dagang

  1. Surat-surat perjanjian dagang ………. =……….
  2. SITU,SIUP,AMDAL dan lain-lain….. =……….
  3. Faktur dan kuitansi ……………………. =……….
Masuk ke akun kamu

REK. BRI A.n yayasan darma bakti karya
401901007247533