Promosi Produk Hasil Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi

Pengertian Promosi

Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting bagi perusahaan dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan serta meningkatkan kualitas penjualan untuk meningkatkan kegiatan pemasaran dalam hal memasarkan barang atau jasa dari suatu perusahaan.

Menurut Simamora, 2003:285, Promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang-orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga.

Promosi adalah salah satu variabel marketing mix yang digunakan perusahaan untuk mengadakan komunikasi dengan pasar-nya.

Promosi juga sering dikatakan sebagai proses berlanjut karena dapat menimbulkan rangkaian kegiatan selanjutnya dari perusahaan.

Menurut Basu Swastha dan Ibnu Sukotjo (1993:222) promosi merupakan arus informasi atau persuasi satu arah yang dibuat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi ke tindakan yang menyebabkan pertukaran dalam pemasaran.

Sedangkan, menurut Harini (2008:71) berpendapat bahwa promosi adalah salah satu bentuk komunikasi, yaitu suatu tahap khusus dimaksudkan untuk dapat merebut kesediaan menerima dari orang lain atas ide, barang dan jasa.

Kemudian menurut Cannon, Perreault, Mccarthy (2009:69) promosi adalah upayah mengomunikasikan informasi antara penjual serta pembeli potensial atau orang lain dalam saluran untuk memengaruhi sikap dan perilaku.

Tujuan Strategi Promosi Penjualan

Dalam upayah memasarkan suatu produk, tak heran para pelaku usaha menyelenggarakan event-event khusus untuk mempromosikan produk unggulan yang ingin dipasarkannya kepada masyarakat.

Kegiatan itu sengaja dilakukan para pelaku usaha untuk mendukung strategi pemasaran mereka sehingga produk yang dimilikinya semakin dikenal luas oleh semua lapisan masyarakat.

Berbagai macam strategi promosi dapat dilakukan oleh para pelaku usaha untuk menarik minat calon konsumennya. Dan banyak juga pelaku usaha yang memanfaatkan kegiatan promosi untuk meningkatkan loyalitas pelanggan terhadap brand image produknya.

Sebagai cotoh dengan melakukan promosi besar-besaran melalui potongan harga (diskon khusus), memberikan sampel gratis untuk produk-produk terbaru, atau sekedar memberikan pelayanan khusus bagi para konsumen yang membeli produk dalam jumlah yang cukup banyak.

Kalian dapat menggunakan salah satu strategi tersebut untuk memanjakan para konsumen dan meningkatkan omset penjualan setiap bulannya.

Namun, sebelum merencanakan dan menjalankan strategi promosi penjualan, sebaiknya tentukan terlebih dahulu tujuan promosi yang ingin Anda capai. Yang penting adalah program promosi yang direncanakan bisa sesuai dengan tujuan utama yang ingin dibidik pelaku usaha.

Tujuan Utama Mempromosikan Produk

Berikut adalah beberapa tujuan utama mempromosikan sebuah produk.

a) Memberikan daya tarik khusus bagi para pelanggan

Keberadaan kegiatan promosi penjualan tentunya sangat ditunggu-tunggu oleh sebagian besar pelanggan.

Biasanya para pelanggan dengan sengaja menanti event promosi sebuah produk agar dapat memperoleh penawaran harga yang lebih murah.

Kondisi ini yang menjadi daya tarik bagi para konsumen, sehingga mereka tidak engan untuk ikut bergabung dengan antrian yang cukup panjang atau turun langsung berdesak-desakan di lokasi promosi untuk mendapatkan produk unggulan yang sedang diobral besarbesaran.

b) Meningkatkan angka penjualan

Sebagian besar pelaku usaha dengan sengaja melakukan kegiatan promosi besarbesaran untuk meningkatkan volume penjualan dan mendapatkan omset besar setiap bulannya.

Biasanya strategi ini dijalankan para pelaku usaha yang memiliki stok persediaan barang di gudang cukup melimpah. Oleh karena itu, strategi promosi sengaja dilakukan untuk menghabiskan stok lama atau persediaan barang di gudang serta mempercepat perputaran uang agar bisa segera balik modal.

c) Membangun loyalitas konsumen

Tujuan pelaku usaha melakukan kegiatan promosi tidak sebatas untuk meningkatkan penjualan produk, namun juga untuk membangun loyalitas dari para konsumennya.

Ini dilakukan untuk menjaring para konsumen yang awalnya hanya sekedar ingin coba-coba, menjadi pelanggan tetap yang akan menggunakan produk-produk yang dibuat secara berkelanjutan.

Untuk mewujudkan tujuan di atas dibutuhkan strategi promosi yang tepat dan efektif, seperti dengan memberikan diskon 25% untuk pembelian selanjutnya, atau memberikan kupon khusus yang bisa ditukarkan dengan produk gratis setelah mengumpulkan lima buah kupon pembelian.

Dengan hadiah menarik, maka konsumen pun semakin senang membeli produk-produk yang ditawarkan.

Fungsi Strategi Promosi Penjualan

Promosi perusahaan memang sangat penting karena mempengaruhi hasil penjualan suatu produk atau barang, dan tentunya itu sangat berdampak besar terhadap berlangsungnya aktivitas suatu perusahaan.

Strategi promosi perusahaan sering kali digunakan sebagai media untuk meningkatkan permintaan atau penjualan barang dan jasa yang ditawarkan, sehingga dapat meningkatkan laba yang diperoleh.

Selain itu kegiatan promosi ada juga cara lain, seperti memberikan kemudahan untuk merencanakan strategi pemasaran selanjutnya, karena biasanya kegiatan promosi dijadikan sebagai cara berkomunikasi langsung dengan calon konsumen. Sehingga kita dapat memperoleh informasi akurat dari para konsumen, mengenai respon produk yang kita tawarkan.

Manfaat Dari Kegiatan Promosi

Berikut beberapa manfaat lain dari adanya kegiatan promosi, diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Mengetahui produk yang diinginkan para konsumen
  2. Mengetahui tingkat kebutuhan konsumen akan suatu produk
  3. Mengetahui cara pengenalan dan penyampaian produk hingga sampai ke konsumen
  4. Mengetahui harga yang sesuai dengan kondisi pasaran
  5. Mengetahui strategi promosi yang tepat kepada para konsumen
  6. Mengetahui kondisi persaingan pasar dan cara mengatasinya
  7. Menciptakan image sebuah produk dengan adanya promosi

Kegiatan Promosi Penjualan

Mempromosikan produk pembenihan ikan adalah suatu tahapan yang cukup menantang bagi pemilik usaha atau petani ikan. Promosi yang dilakukan harus tepat sasaran.

Siapa yang akan menjadi konsumen utama (segmentasi pasar). Tentunya kita tidak ingin membuang-buang uang untuk melakukan promosi yang kurang tepat sasaran.

Berikut beberapa cara promosi yang murah tapi tepat sasaran.
  1. Mulut ke mulut atau testimonial
  2. Promosi melalui jejaring social
  3. Loyalty programs
  4. Up-selling
  5. Mengadakan suatu pameran
  6. Blog dan video
  7. Stiker promosi di tempat-tempat menunggu

Laporan Kegiatan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi

Pengertian Laporan Kegiatan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi

Membuat laporan kerap kali dilakukan dalam mengerjakan tugas laporan praktek atau laporan kegiatan yang ditugaskan oleh guru di sekolah.

Laporan harus mempunyai format penulisan yang baik. Disamping itu, isi yang mudah dipahami sudah menjadi keharusan agar pembaca mengerti apa yang dimaksud dalam isi laporan tersebut, sehingga pembaca akan antusias membacanya.

Laporan adalah segala sesuatu, baik itu peristiwa ataupun kegiatan yang dilaporkan dan dapat berbentuk lisan ataupun tertulis berdasarkan fakta atau peristiwa yang terjadi.
Laporan memiliki berbagai jenis, diantaranya adalah sebagai berikut
  1. laporan perjalanan
  2. laporan penelitian
  3. laporan perjalanan
Pada dasarnya, laporan perjalanan bercerita tentang perjalanan yang kita lakukan dan termasuk laporan non-formal karena tidak menggunakan sistematika standar laporan resmi.
Sebagai contoh laporan kegiatan makanan khas daerah. Laporan kegiatan makanan khas daerah dibuat dalam model proposal. Proposal ini yang dibuat bermanfaat untuk :
  1. membantu wirausaha dalam mengembangkan usaha dan menguji strategi dan hasil yang di harap kan dari sudut pandang pihak lain (investor)
  2. membantu wirausaha untuk berpikir kritis dan obyektif atas bidang usaha yang akan dijalankan
  3. sebagai alat komunikasi untuk memaparkan dan meyakinkan gagasan kepada pihak lain
  4. membantu meningkat kan keberhasilan para wirausaha

Menganalisis Laporan Kegiatan Usaha Pembenihan Ikan Konsumsi

Laporan adalah alat pemberitahuan dari suatu tim kerja yang disusun secara sistematis, lengkap, dan berdasarkan kronologis.

Laporan termasuk suatu keterangan tentang suatu peristiwa atau perihal yang ditulis dari berbagai data, fakta, dan keterangan yang melingkupi peristiwa atau perihal tersebut.

Laporan mengenai peristiwa atau perihal yang bersifat penting atau resmi biasanya disampaikan dalam bentuk tulisan.

Menganalisis laporan artinya melakukan kajian terhadap suatu laporan. Hal yang dianalisis dalam laporan dapat berupa kronologi waktu, kebahasaan, isi peristiwa, kelengkapan data, dan bentuk laporan.

Dalam menganalisis laporan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal-hal tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Menyimak laporan dengan saksama agar dapat menangkap informasi yang disampaikan secara utuh dan lengkap serta terperinci.
  2. Memahami isi laporan dari bentuk, isi, maupun kebahasaan.
  3. Menguraikan secara detail atau rinci pokok-pokok isi laporan.
  4. Melakukan pengecekan untuk setiap hal yang dilaporkan secara detail dan cermat.
  5. Tidak mencampuradukkan antara fakta yang bersifat objektif dan opini atau pendapat yang bersifat subjektif.
  6. Melakukan kajian pada kebenaran atau ketepatan hasil laporan itu.
  7. Memberikan sudut pandangan atau pendapat tentang laporan berdasarkan suatu teori atau definisi yang bersumber referensi.

 

Masuk ke akun kamu

REK. BRI A.n yayasan darma bakti karya
401901007247533