SMK Bakti Karya Parigi Terapkan Pembelajaran Terpadu
Pembelajaran terpadu yang dimaksud adalah gabungan mata pelajaran yang terkait dengan tema pembelajaran. Mata pelajaran dibahas sesuai konteks oleh karenanya materi yang disampaikan merupakan materi terapan.
Setiap tema besar dikelola oleh kelompok guru dan disampaikan secara bersama-sama sesuai model pembelajaran. Terlebih dahulu kelompok guru menetapkan tema pembelajaran dan skenario pembelajaran. Kelompok guru dapat mengundang relawan, kalangan profesional maupun pihak-pihak yang terkait dengan tema pembelajaran.
Proses pembelajaran dievaluasi oleh setiap guru dan hasil pembelajaran dilihat dari output pembelajaran siswa berupa karya-karya multimedia. Setiap minggu guru-guru melakukan evaluasi bersama dan merencanakan skenario pembelajaran minggu berikutnya.
Apa yang kami lakukan ?
BELAJAR BERSAMA
Kami selalu berupaya mencari tahu apa kebutuhan peserta didik. Mereka ditempatkan sebagai pusat pembelajaran.
70% PRAKTEK
Pembelajaran terbaik adalah yang dialami. Karena itu, praktek menjadi metode untuk memproses pembelajaran
INTERAKSI
Pembiasaan berinteraksi dengan banyak jenis orang adalah kondisi ideal untuk melihat seberapa mampu peserta didik dapat memulai bercerita.
AKTUALISASI DIRI
Bagi peserta didik, sekolah merupakan ajang aktualisasi diri. Kami menggelar banyak kegiatan yang menempatkan siswa sebagai pelaku utama.
AGENDA RUTIN
MINGGUAN
Kegiatan siswa bersama anak usia 0-12 tahun sebagai wadah mengekspresikan diri, melatih empati dan mendekatkan siswa dengan lingkungan masyarakat.
Kegiatan rutin siswa setiap hari sabtu yang terdiri dari rangkaian acara dari pagi hingga malam hari. Acara dalam kegiatan ini berupa, Senam Pagi, Membersihkan lingkungan, Kelas Profesi dan Malam Minggu Seru.
Merupakan panggung terbuka yang dilakukan sebagai upaya mewadahi kreatifitas siswa sekaligus memberikan hiburan bagi siswa, pengelola dan masyarakat sekitar.
Rekaman 2 program utama SMK Bakti Karya yang bekerjasama dengan Radio Metrum
BULANAN
Kegiatan rutin berupa diskusi umum yang ditujukan untuk mengasah kepekaan dan wawasan siswa dalam topik topik umum.
Kegiatan mengunjungi atau menjami tamu sebagai salah satu cara memperluas jaringan pertemanan siswa
Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah adalah program nasional dalam memberikan siswa waktu untuk beradaptasi dengan lingkungan belajar mereka.
Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa berisi muatan karakter, pemahaman dan keterampilan memimpin.
Peace Camp program kerjasama sekolah dengan Peace Gen untuk mengenalkan siswa dengan konsep perdamaian dan keberagaman.
Keterlibatan siswa dalam pramuka diupayakan dapat maksimal pada tahun pertama. Sehingga menginjak tahun ke 2, siswa yang menyukai kegiatan pramuka sudah memasuki fase Laksana
Sebagai pelajar jurusan Multimedia, Siswa diharapkan memiliki keterampilan dasar dalam teknis penggunaan Komputer dan Teknologi. Pada Tahun pertama siswa menjalani pelatihan dasar agar bisa menguasai alat terlebih dahulu.
TAHUNAN
Merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam rangka merayakan hari Sumpah Pemuda. Kegiatan dibalut dengan berbagai acara yang menunjukkan keberagaman budaya nusantara.
Merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan dalam rangka merayakan hari hutan. Kegiatan dibalut dengan berbagai acara yang menunjukkan keberagaman hasil alam.
Merupakan kegiatan rutin tahunan dalam rangka merayakan ulangtahun dan hari jadi Komunitas Belajar Sabalad, Program Kelas Multikultural dan Kampung Nusantara
Kegiatan rutin setiap bulan suci Ramadhan. Fokus utama dalam pembelajaran dipusatkan kepada pembuatan konten keberagaman dan toleransi yang berfokus pada nilai nilai religiusitas.
VBP merupakan kegiatan pembelajaran yang membagi 1 semester pembelajaran menjadi 2 bentuk utama pembelajaran. 3 bulan diselenggarakan di dalam kelas yang berisi penyampaian materi dan praktik pembelajaran klasikal. Sementara 3 Bulan terakhir digunakan praktikum lapangan dengan metode pembelajaran praktik terpadu lintas mata pelajaran.
Kegiatan praktikum siswa yang berfokus kepada kemampuan penyajian pemahaman siswa. Siswa akan mengajar adik tingkat dengan dasar pedagogik tertentu yang harus dipenuhi.
Adalah salah satu assesment siswa untuk menguji kompetensi siswa dalam bidang multimedia. Output utama dari Uji Kompetensi adalah sertifikasi kompetensi siswa
Uji kelayakan calon lulusan yang berfokus kepada pengembangan sikap, pemahaman dan keterampilan siswa berdasarkan acuan kurikulum nasional dan kurikulum yang ditetapkan oleh lembaga.
Kegiatan yang mengenalkan siswa kepada dunia kerja yang sesungguhnya. Siswa akan magang selama 1-3 bulan di perusahaan yang telah bekerjasama dengan sekolah.