SARANA PRASARANA

SMK Bakti Karya Parigi selalu berusaha menyediakan sarana dan prasarana untuk mendukung proses pembelajaran siswa baik secara langsung maupun tidak langsung. Selain Ruang kelas yang representatif dan nyaman, Area sekolah juga dimaksimalkan untuk perkembangan pemahaman dan keterampilan siswa. Selain itu, SMK Bakti Karya Parigi juga didukung dengan fasilitasi area komunitas dan Masyarakat Kampung Nusantara.

Ruang Guru dan Administrasi

Sebagai lembaga pendidikan, SMK Bakti Karya didukung dengan ruang pelayanan administratif dan ruang guru yang menyenangkan. Dinding ruangan sengaja digambari dengan mural untuk memancing minat siswa dalam bidang seni visual. Dengan 2 Ruangan administrasi dan guru serta 1 ruang kepala sekolah sekaligus ruang tamu, diharapkan siswa mendaptakan pelayanan yang optimal

Ruang Kelas Teori

Siswa disediakan 2 ruang kelas teori sebagai penunjang pertemuan tatap muka didalam ruangan. Area dinding juga diperbolehkan untuk dirubah sesuai dengan perubahan tahun sebagai area bebas gambar untuk latihan. Selain itu, siswa didorong menggunakan dinding kelas sebagai arena exebisi karya yang telah dibuat untuk mendorong kepercayaan diri.

Ruang Terbuka Hijau

Sebagian besar area sekolah digunakan sebagai area terbuka hijau untuk mendorong lingkungan sekolah yang sejuk dan menyenangkan. Siswa juga didorong untuk menanam area yang masih hijau. Disamping itu 3/4 area sekolah digunakan sebagai area kebun yang dikelola siswa secara bergilir dan berkelompok

Area Praktik Multimedia

SMK Bakti Karya Parigi dilengkapi dengan satu Laboratorium Komputer yang dapat diakses setiap saat. Siswa diperbolehkan menggunakan komputer untuk memproduksi karya. Didukung dengan komputer standar editing film dan jaringan internet yang mencukupi, siswa diharapkan dapat menambah protofolio dan mengembangkan kemampuan multimedia.

Studio Rekam Gambar

Siswa juga diberikan akses penuh untuk mempergunakan studio rekam gambar. Dengan dukungan peralatan yang lengkap, siswa dapat memproduksi konten setiap saat dengan pendampingan langsung dari pengajar.

Perpustakaan

SMK Bakti Karya Parigi terintegrasi dengan komunitas belajar sabalad sebagai penyelenggara perpustakaan masyarakat. Perpustakaan tidak hanya dapat diakses oleh siswa tetapi juga terbuka bagi umum dan  dapat diakses setiap hari.

Anjungan Julang Ngapak

Tahun 2019, SMK Bakti Karya Parigi bekerja sama dengan publik telah membangun satu anjungan provinsi Jawa Barat dengan model Julang Ngapak. Bangunan ini selain digunakan dalam proses belajar mengajar juga dapat digunakan sebagai area pertemuan, diskusi maupun keperluan umum lainnya. Kedepan pembangunan berbasis publik akan terus dilakukan sebagai bentuk keterbukaan lembaga dan kontribusi publik bagi perkembangan pendidikan.

Asrama

Dengan hadirnya siswa dari berbagai daerah, kebutuhan atas hunian yang layak bagi siswa menjadi semakin mendesak. Maka lembaga menyediakan 1 Asrama bagi putra dengan nama Samana Anantara dan Asrama putri diatas bangunan rumah pembina yayasan. Meskipun demikian, kedepan lembaga terus mengusahakan hadirnya asrama yang lebih layak bagi para peserta didik. Selain sebagai tempat hunian, Asrama menjadi titik sentral bagi pendidikan dan perkembangan pemahaman siswa dalam mempelajari keberagaman.

Kampung Nusantara

Hadirnya siswa yang beragam, selain mempengaruhi siswa dan lembaga juga mendorong lahirnya area yang mendukung pada pembelajaran yang beragam. Maka pada tahun 2018, dibantu mahasiswa paramadina, masyrakat sekitaran asrama meresmikan branding RT dengan nama Kampung Nusantara. Selain sebagai area interaksi siswa dengan masyarakat, Kampung Nusantra juga menyediakan hunian bagi pengunjun. Pengunjung dapat menyewa kamar warga dengan harga Rp. 100.000.- /malam dan makan 3 kali.

Dapatkan Newsletter Dari Kami

Cart