KELAS

MULTIMEDIA

SMK Bakti Karya Parigi menyelenggarakan pendidikan vokasional dengan jurusan multimedia. Sekolah ini menyediakan akses bagi peserta didik untuk berkarya dan mengembangkan diri melalui media untuk mempersiapkan masa depan. Dalam menghadapi persaingan dalam Industri 4.0 Multimedia diharapkan dapat menjadi modal awal dalam menggapai mimpi dan memberikan dampak bagi lingkungan di masa yang akan datang.

Kelompok Guru

TAHUN PERTAMA

Semester 1

Triwulan 1

Sejarah Komputer
Bentuk
Jenis
logika dan algoritma komputer
metode peta minda
sistem bilangan (Desimal, Biner, Heksadesimal)
Kewargaan Digital
K3LH disesuaikan dengan lingkungan kerja
Alat Utama
Alat Penunjang
Infrastruktur
TEXT deskriptif, argumentatif, naratif dan persuasive
pembuatan slide
penelusuran Search Engine
komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring

Triwulan 2

Mendiskusikan unsur-unsur tata letak berupa garis, ilustrasi, tipografi, warna, gelap-terang, tekstur dan ruang
Mendiskusikan fungsi, dan unsur warna CMYK dan RGB
Mendiskusikan prinsip-prinsip tata letak, antara lain : proporsi, irama (rythm), keseimbangan, kontras, kesatuan (unity), dan harmoni dalam pembuatan desain grafis
Mendiskusikan berbagai format gambar
Menerapkan prosedur scanning gambar/ ilustrasi/teks dalam desain
Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar vektor
Menerapkan manipulasi gambar vektor dengan menggunakan fitur efek
Menerapkan pembuatan desain berbasis gambar vektor
Menerapkan perangkat lunak pengolah gambar bitmap (raster)
Menerapkan manipulasi gambar raster dengan menggunakan fitur efek
Mengevaluasi pembuatan desain berbasis gambar bitmap (raster)
Mengevaluasi penggabungan gambar vektor dan bitmap (raster)
perakitan komputer
pengujian perakitan komputer
instalasi driver perangkat keras komputer
dasar dasar mikrokontroler
blok diagram dari sistem mikro komputer (arsitektur komputer)
Perangkat Eksternal/Peripheral
karakteristik sistem memori (lokasi,kapasitas, kecepatan, cara akses, tipe fisik)
Struktur CPU dan fungsi CPU
Menerapkan perawatan perangkat keras komputer
Menganalisis permasalahan pada perangkat keras
Alat Utama
Alat Penunjang
Infrastruktur
TEXT deskriptif, argumentatif, naratif dan persuasive
pembuatan slide
penelusuran Search Engine
komunikasi sinkron dan asinkron dalam jaringan
fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring

Semester 2

Triwulan 3

konfigurasi BIOS pada komputer
instalasi sistem operasi
instalasi software aplikasi
Menganalisis permasalahan pada instalasi software aplikasi
Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman
Menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer
Menerapkan penggunaan tipe data, variabel, konstanta, operator, dan ekspresi
Menerapkan operasi aritmatika dan logika
Menerapkan struktur kontrol Percabangan dalam bahasa pemrograman
Menerapkan struktur kontrol Perulangan dalam bahasa pemrograman
Menganalisis penggunaan array untuk penyimpanan data di memori
Menerapkan penggunaan fungsi
Menerapkan pembuatan antar muka (User Interface) pada aplikasi
Menerapkan berbagai struktur kontrol dalam aplikasi antar muka (User Interface).
Menganalisis pembuatan aplikasi sederhana berbasis antarmuka (User Interface)
Mengevaluasi debugging aplikasi pada sederhana
Mengevaluasi paket installer aplikasi sederhana

Triwulan 4

logika dan operasi perhitungan data
dokumen tahap pra-produksi
produksi video, animasi dan/atau musik digital
teknik presentasi yang efektif
pembuatan ebook
pasca-produksi video, animasi dan/atau musik digital
Menerapkan instalasi jaringan komputer
Menerapkan pengalamatan IP pada jaringan komputer
Menerapkan sumber daya berbagi pakai pada jaringan komputer
Menerapkan instalasi koneksi internet pada workstation
Mengevaluasi desain jaringan lokal (LAN)
Menerapkan instalasi jaringan lokal (LAN)
Menerapkan perawatan jaringan lokal (LAN)
Menganalisis permasalahan pada jaringan lokal (LAN)
relasi logika dasar, kombinasi dan sekuensial (NOT, AND, OR); (NOR, NAND, EXOR, EXNOR); (Flip Flop, counter)
operasi logika Aritmatik (Half-Full Adder, Ripple Carry Adder)
rangkaian Multiplexer, Decoder, Register
elektronika dasar (kelistrikan, komponen elektronika dan skema rangkaian elektronika)
Menerapkan alur logika pemrograman komputer

TAHUN KEDUA

Semester 3

Triwulan 5

dasar dasar desain grafis dan nirmana
tipografi sesuai media
prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
prinsip-prinsip dasar animasi.
konsep multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
ilmu Fotografi
Dasar Video Grafi
– cara kerja video
– cara kerja audio
prinsip dasar pembuatan animasi 2D (vector)
– Modeling
– Material
– Ridgiing
– Rendering
alur proses produksi multimedia (TPAV)
– Preproduction
– Production
– Postproduction
ALUR PRODUKSI GRAFIS
– Sketcing & rough Layout
– Production
– Revision
– Printing
alur proses produksi multimedia
pengoperasian, perawatan dan jenis-jenis kamera dan alat bantu fotografi
jenis-jenis kamera dan alat bantu fotografi
pengoperasian kamera digital dan perawatan peralatan fotografi
pengoperasian, perawatan dan jenis-jenis alat & aplikasi desain grafis
prosedur pengoperasian kamera video
pengoperasian, perawatan dan jenis-jenis aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
pengoperasian, perawatan dan jenis-jenis alat & aplikasi animasi
Menggambarkan konsep dasar objek 3D dalam sketsa rancangan
prinsip gambar sketsa dan ilustrasi
prinsip gambar bentuk dan perspektif
prinsip gambar
– sketsa
– ilustrasi
– bentuk
– perspektif
sketsa
– rancangan objek 2D
– rancangan karakter
– rancangan objek 3D 
merancang karya video
– pencarian ide
– penyusunan naskah
– breakdown naskah
– storyboard dan shot list
PERANCANGAN PRODUK MEDIA INTERAKTIF
penggabungan gambar dan teks yang berbasis vektor
penggabungan gambar dan teks yang berbasis bitmap
Desain berbasis Bitmap dan Vektor
prosedur pengukuran bidang pandang dan sudut pengambilan gambar
tata cahaya dalam pengambilan gambar
prosedur pengambilan gambar dengan teknik zooming dan panning
prosedur pengambilan gambar dengan teknik bluring
komposisi gambar dalam fotografi
teknik pergerakan kamera saat pengambilan gambar bergerak (perekaman video)
tata cahaya gambar bergerak (perekaman video)
penyuntingan video dengan menggunakan perangkat lunak pengolah video

Triwulan 6

teknik pembuatan gambar objek sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
teknik animasi tweening 2D
teknik pembuatan karakter sederhana menggunakan aplikasi animasi 2D
elemen gambar digital puppeteer dalam animasi 2D
gerak digital puppeteer pada animasi 2D
prinsip dasar menggambar latar
Model Sederhana berbasis 3D Hard Surface
pengolahan pemodelan objek sederhana berbasis 3D Hard Surface
Material pada objek Sederhana 3D
posisi kamera yang tepat dalam aplikasi 3 dimensi
teknik gerakan non karakter dalam aplikasi 3D
teknik Rendering pada objek 3D
3.5  Menerapkan cara penggabungan image, animasi, audio, video dalam sajian multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
3.6  Memahami style pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
3.12 Menerapkan pembuatan produk multimedia interaktif

Semester 4

Triwulan 7

pemberian efek pada gambar vektor
pemberian efek pada gambar bitmap
pembuatan karya seni fotografi digital
Karya Fotografi
3.18 Menganalisis pembuatan karya seni fotografi digital
teknik produksi animasi 2D
evaluasi terhadap produk animasi 2D
Mengkreasikan produk animasi 3D menggunakan objek-objek sederhana
Mengevaluasi produk animasi 3D
manipulasi video dengan menggunakan fitur efek perangkat lunak pengolah video
manipulasi audio dengan menggunakan fitur-fitur perangkat lunak audio digital
pengolahan audio untuk dipadukan dengan video
Mengevaluasi produk audio visual
(desain/ perancangan alur) untuk multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
prinsip-prinsip desain user interface pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
 prosedur pengoperasian aplikasi multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
cara penggabungan image, animasi, audio, video dalam sajian multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
style pada multimedia interaktif berbasis halaman web dan media interaktif
Mengevaluasi produk web
teknik pemrograman (coding) pada multimedia interaktif
pengolahan multimedia interaktif menggunakan kode program (coding)
mekanisme pengolahan data pada produk multimedia interaktif
publikasi multimedia interaktif
pembuatan produk multimedia interaktif
Mengevaluasi produk media interaktif

Triwulan 8

Mendiskusikan proses pembuatan video pendek
 perekaman gambar bergerak (video) dengan kamera
perekaman suara narasi dengan perangkat perekam audio
proses perbaikan kualitas data audio
pengolahan teks untuk dipadukan dengan video
pengolahan efek khusus dengan menggunakan fitur-fitur perangkat lunak efek khusus
video sesuai Naskah Produksi
proses pengemasan produksi video
Mengevaluasi proses produksi video pendek

TAHUN KETIGA

Semester 5

Triwulan 9

Penggalian informasi dasar
Tata tertib dan budaya kerja
Struktur dan Penilaian Kinerja

Triwulan 10

Pengisian Dokumen Prakerin
Penyusunan Laporan
Pembuatan Presentasi
Pembuatan Company profile

Semester 6

Triwulan 11

Pembuatan Naskah
Penyusunan Dokumen Pra Produksi
Casting
Reading
Penyiapan Lokasi Produksi
Pengambilan gambar
Penyuntingan
Internal Screening
Promosi film
Distribusi film
Gala Premiere

Triwulan 12

Penyusunan Lesson Plan
Penyusunan materi ajar
Pemilihan Lokasi
Proses pembelajaran
Pemadatan materi SBMPTN
Pendampingan pra kerja
Masuk ke akun kamu

1 Hektar Saja

Donasi lahan untuk kemandirian pangan Asrama Kelas Multikultural