KELAS

MULTIKULTURAL

GERAKAN PUBLIK UNTUK MENYELENGGARAKAN PENDIDIKAN YANG MENGAKUI, MEMBERI RUANG, MENGAPRESIASI DAN MELINDUNGI KEBERAGAMAN

Awal Kisah

Banyak yang sering nanya, “kenapa mau nyelenggarain Kelas Multikultural?”. Awal kisah, pada ulang tahun Komunitas Belajar tahun 2016, ada sekelompok pemuda yang berdiskusi soal kopi. Di sana mereka bergurau, kopi dari berbagai daerah saja bisa kita rasakan di Pangandaran. Kenapa manusia nya nggak bisa.

Dari gurauan itu lah muncul kepercayaan diri lembaga untuk menghadirkan keberagaman dalam suasana pembelajaran di SMK Bakti Karya Parigi.

Alasan utamanya jelas. Kita sebagai generasi penerus bangsa Indonesia, perlu secara langsung “mencicipi” keberagaman bangsa ini. Sehingga saat berhubungan sosial dengan dunia nyata, kita tidak lagi dihantui kecurigaan, stigma dan prasangka pada orang yang berbeda dengan kita

KONSEP

DASAR

Menghubungkan siswa yang beragam untuk saling mengenal secara mendalam hingga membentuk jaringan kebangsaan.
Suasana beragam membentuk interaksi yang dinamis. Siswa dapat belajar satu sama lain dengan latar belakang pengalaman budaya yang berbeda.
Siswa menjadi duta budayanya di tengah siswa lain yang memiliki budaya beragam, sehingga dapat memperkaya pemahaman tentang kebudayaan Nusantara.

Keragaman budaya memungkinkan siswa untuk mampu berpikir terbuka, sanggup beradaptasi dan merasakan empati kepada kelompok identitas lain.

Suasana beragam dapat melahirkan semangat saling menjaga diri dan martabat juga dapat mengupayakan dan merawat tradisi damai.

Masuk ke akun kamu

REK. BRI A.n yayasan darma bakti karya
401901007247533