Agun Gunandjar Apresiasi Kain Shibori SMK Bakti Karya Pangandaran

Berita Pangandaran(harapanrakyat.com),- Anggota DPR RI Agun Gunandjar Sudarsa mengapresiasi kerajinan kain Shibori buatan para pelajar SMK Bakti Karya, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Agun yang datang bersama pejabat dari Bank Indonesia (BI) perwakilan Jawa Barat, mengaku bangga dengan upaya yang sudah dilakukan SMK Bakti Karya kelas multikultural.

Siswa yang belajar di SMK Bakti Karya kelas multikultural berasal dari berbagai daerah, suku, dan bahasa. Mereka datang dari 21 provinsi, 24 suku, dan memiliki 28 bahasa. Sehingga tercipta keberagaman adat istiadat dan buaya.

“Saya bangga SMK Bakti Karya ini letaknya di kampung tapi bisa menjadi contoh persatuan dari keragaman. Perbedaan agama, suku, bahasa, adat istiadat bisa harmonis dengan program pembelajaran yang diterapkan,”

kata Agun Gunandjar saat berkunjung ke SMK Bakti Karya
Jum’at (19/2/2021).

Agun mengatakan, upaya SMK Bakti Karya dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) berbasis keberagaman perlu didukung. 

“Filosofi keberagaman ada di sini serta dibangun dengan kemandirian. Ini harus kita dukung. Miniatur negara berdasarkan pancasila Bhineka Tunggal Ika ternyata melekat di sekolah ini,” ungkapnya. 

Agun juga mengaku tertarik program pembelajaran yang diterapkan SMK Bakti Karya dimana siswa diperkenalkan dengan lingkungan sekitar. Para siswa belajar bertani, berkebun, membuat kerajinan kain Shibori dan lainnya.

“Karena Desa dan tujuan pembangunan berkelanjutan ada di sini kita akan dukung dan berkolaborasi sinergi dengan satu sama lain, agar kelak menjadi SDM yang mandiri,” ungkapnya.

Program pembelajaran tersebut, kata Agun, perlu diselaraskan dengan kurikulum pemerintah serta didukung staf pengajar profesional. 

“Saya siap menjadi bagian dari SBK ini kalau diperlukan. Karena satu pemikiran menciptakan siswa yang merdeka bukan meminta tapi memberi, menggapai dan mencari. Tetap toleran dengan lingkungan dan berharap ada kolaborasi tukar pemikiran bersama lainnya,” pungkasnya.

Kain Shibori SMK Bakti Karya Pangandaran Dilirik BI

Sementara perwakilan dari BI Provinsi Jawa Barat, Bambang mengatakan, pihaknya akan mendukung potensi dalam bidang Pendidikan dan Sosial Budaya demi kemajuan perekonomian daerah.

“Prinsipnya BI tetap mendukung perkembangan ekonomi daerah terutama potensi UMKM-nya. Kita melihat di SMK Bakti Karya ini memiliki beberapa kerajinan seperti pembuatan kain Shibori yang ramah lingkungan, bisa kita tampilkan dalam ajang pameran fashion show BI,” kata Bambang.

Bambang juga mengatakan, BI akan dukung dalam bentuk bantuan teknis seperti peningkatan kualitas dan pemasaran.

“Tiap tahun kita punya karya tim kreatif Indonesia. Banyak kelompok yang kita bantu. BI juga dilibatkan oleh pemerintah dalam beberapa kegiatan, seperti Kepariwisataan, fashion show dan lainnya. Kita akan coba arahkan ke situ,” tandasnya. (Madlani/R7/HR-Online)

Editor: Ndu

Leave a Reply

Masuk ke akun kamu

1 Hektar Saja

Donasi lahan untuk kemandirian pangan Asrama Kelas Multikultural