SMK Bakti Karya siap terapkan manajemen digital

Tuntutan era digital mendorong berbagai sektor beradaptasi dalam dunia teknologi. Selain lebih ringkas, teknologi juga mempermudah berbagai kehidupan manusia, baik dalam skala industri maupun individu. SMK Bakti Karya Parigi semester ini mulai serius dalam penerapan sistem lembaga yang lebih efektif dan efisien melalui digitasi. Sistem ini tidak mendadak dilakukan tahun ini, sejak tahun 2016 Bakti Karya sudah mulai migrasi ke sistem digitasi.

Sejak 2016, sistem rekruitmen dan penggalangan dana sudah dapat diakses dan diproses melalui website dan berbagai media sosial. Tahun 2018, ujian semester sudah mulai menggunakan sistem digital.

Tahun ini sistem pendidikan mulai dari penulisan agenda, kontrol pegawai dan administrasi juga mulai dimigrasi menggunakan sistem digital. Dengan didukung google suit for nonprofit, pengerjaan dokumen pembelajaran dan administrasi kepegawaian lebih ringkas dan lebih menghemat penggunaan kertas.

Lihat postingan ini di Instagram

Sebuah kiriman dibagikan oleh Irpan Ilmi (@irpan_ilmi) pada

Irpan Ilmi S.Hum, M.M selaku kepala sekolah melihat potensi besar dalam proses digitasi ini. Selain memangkas anggaran, melalui digitalisasi diharapkan proses transfer ilmu dapat lebih mudah dilakukan.

“Dengan digitalisasi diharapkan penggunaan kertas dapat lebih efisien. Hal ini sama dengan mengurangi belanja lembaga. Otomatisasi lembaga pendidikan juga dapat membantu para pegawai untuk menjalankan pekerjaan secara efektif, efisien dan ekonomis. Transfer pengetahuan bagi masyarakat, khususnya siswa dan pengajar dapat dilaksanakan secara mudah sebagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa”

Proses digitalisasi juga diharapkan dapat menambah informasi positif yang beredar di internet.

 

 

Lihat postingan ini di Instagram

 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Ai Nurhidayat Mars (@ainurhidayatmars) pada

Sejalan dengan pernyataan kepala sekolah, Ketua Yayasa Darma Bakti Karya Parigi, Ai Nurhidayat juga melihat upaya digitalisasi dapat mendorong perkembangan lembaga.

“Alasan nya jelas karena digitalisasi menawarkan kemudahan, percepatan informasi, aksesibilitas bagi publik, Relevan dengan perkembangan serta lebih ramah lingkungan. Sehingga pilihan digitalisasi sudah sangat diperlukan oleh lembaga seperti SMK Bakti Karya Parigi”

Ai Nurhidayat menambahkan, proses digitalisasi ini memerlukan upaya serius untuk dapat diterapkan dalam sebuah lembaga. Proses ini dimulai dengan memperkenalkan gagasan sistem lembaga digital kepada selurus civitas lalu lembaga memulai digitalisasi dari yang paling mudah dilakukan. Selanjutnya lembaga harus mewajibkan semua pihak mempelajari dan mempraktekan proses digitalisasi. terakhir dan yang paling penting, lembaga beserta semua orang di dalamnya perlu melakukan refleksi penerapan digitalisasi secara berkala.

Akhir tahun ini, Ai Nurhidayat optimis dapat mengubah kebiasaan civitas dalam mengelola data menjadi lebih mudah, cepat, aksesibel, sesuai tren dan efisien. Sebagai lembaga yang mengusung keterbukaan publik, SMK Bakti Karya juga diharapkan dapat menjangkau lebih banyak orang yang membutuhkan informasi.

“Kami yakin, melalui digitalisasi SMK Bakti Karya dapat lebih mudah berkolaborasi dengan pihak lain dan mendukung kemajuan pembelajaran melalui komunikasi yang semakin terintegrasi.”

Recommended For You

Festival Tandur
Festival Tandur

Video berikut adalah cuplikan singkat kegiatan Festival Tandur SMK Bakti Karya Parigi yang

Read more
Dilantik ! Presiden OSIS Bakti Karya Pertama Perempuan dan Hasil “Digital Vote”
Dilantik ! Presiden OSIS Bakti Karya Pertama Perempuan dan Hasil “Digital Vote”

Jumat, 14 Februari 2020. Siswa Bakti Karya berbahagia, karena pengurus OSIS masa jabatan 2

Read more
Dapatkan Newsletter Dari Kami

Cart