Warga berbahagia, Gelar Festival Kampung Nusantara

Sabtu, 1 Februari 2020. Kampung nusantara sudah ramai sejak pukul 5 Pagi. Bahkan beberapa tamu sudah menghabiskan diskusi pada malam harinya dan kembali berseri pagi hari di depan saung baru. Hari itu, bersama dengan dengan Komunitas Belajar Sabalad dan SMK Bakti Karya Parigi, warga Kampung Nusantara merayakan 3 hari jadi sekaligus. 7 tahun Komunitas Belajar sabalad tidak lagi dirayakan sendiri, bersamaan dengan itu Kelas Multikultural memasuki tahun ke 4 pengelolaan sedangkan Kampung Nusantara sudah memasuki tahun ke 3 sejak diresmikan.

Dibuka dengan Sepeda Gembira

Sejak pukul 06.00, kampung sudah riuh dengan suara warga. Beberapa bapak bapak sibuk menggiring kambing untuk hidangan malam hari. Para ibu ibu mulai riuh mengisi dapur masjid Sukamaju. Beberapa siswa dan warga lainnya mulai menyapu dan menata ulang kursi yang teracak diskusi malamnya.

Pukul 08.00, dua puluh lebih sepeda sudah berjejer memenuhi parkiran masjid Sukamaju. beberapa anak anak mulai riuh bergabung. Sementara disekolah, para guru dan beberapa siswa mulai menyiapkan perjamuan untuk kegiatan sharing pendidikan. diantaranya juga sudah menyiapkan diri untuk menampilkan pementasan malam hari. Tidak berselang lama rombongan gondang dari Desa Cikalong dan rombongan ronggeng ketuk tilu datang membawa peralatan.

Matahari mulai naik sepenggal, riuh penyambutan tamu mulai terasa. Lengser dari rombongan Dusun Ciawi mulai beraksi. sang lengser bergerak layaknya aktor kawakan yang sudah membintangi puluhan pentas penyambutan. Akhirnya perayaan 3 hari jadi dimulai. Sepeda yang berjejer mulai disusun, siap digunakan. Setelah dipersilahkan rombongan beriringan menuju 2 lokasi utama, pembudidaya madu “teuweul” dan Torojogan.

Jabar Masagi gelar sharing pendidikan karakter

Disekolah, Tim Jabar Masagi sudah hadir. Meski sedikit terlambat, pembukaan sharing pendidikan karakter akhirnya dapat dibuka dengan penuh semangat. Menjelang tengah hari, para tamu dan pengelola berbincang mengenai pendidikan karakter sembari menyantap hidangan makan siang.

Setelah rehat menurunkan makanan yang disantap, acara kembali berlanjut. peserta dibagi menjadi 2 kelas utama. Kelas guru diisi dengan materi budaya pengajaran. Sementara para siswa berdiskusi mengenai metode dan cara belajar yang menyenangkan. Kegiatan juga diwarnai dengan mini games sebagai ice breaking. Lebih utamanya, hasil yang diharapkan adalah adanya kesadaran baik dari siswa maupun guru dalam menciptakan atmosfir yang membangun satu sama lain. Gelak tawa dan senyum bahagian terus mewarnai para peserta hingga acara usai.

Malam minggu gembira, tanda syukur bergabungnya United Tractor dalam gerakan publik

Malam tiba, selepas jamaah isya meninggalkan masjid, area saung mulai kembali riuh. Kegiatan diramaikan dengan penampilan Ronggeng ketuk tilu, Gondang dan penampilan dari para siswa SMK Bakti Karya Parigi. Kegiatan utamanya adalah potong tumpeng sebagai rasa syukur waktu dan pencapaian yang telah berjalan selama ini. Selepas menyantap tumpeng, kegiatan dilajutkan dnegan kegiatan diskusi mengenai pengembangan area kampung nusantara.

Selain perayaan hari jadi, kegiatan ini juga menjadi momentum diresmikannya Saung Satu Indonesia. Saung Satu Indonesia adalah salah satu buah tangan ki Ai Nurhidayat setelah mendapatkan penghargaan Satu Indonesia dari Astra. “Saung ini kelak menjadi episentrum kegiatan warga kampung Nusantara. tetapi, Siapapun berhak dan layak untuk menggunakan saung ini untuk berkegiatan dan berkarya” ungkap ki Ai setelah kegiatan usai.

Dalam momentum ini, pihak United tractor dan Yayasan Darma Bakti Karya Pagiri juga menandatangani MOU terkait kerjasama yang telah, sedang dan akan dijalani 2 tahun. Kerjasama yang dilakukan adalah dengan menyediakan Laptop, paket lunch box, dan Kipas angin bagi SMK bakti Karya Parigi. Selain itu, United Tractor juga mendukung pengecatan 20 rumah kampung nusantara, penyediaan sumber air, penambahan aset seped,  pengadaan karpet masjid dan Al Quran.

Semoga melalui kerjasama dan dukungan lebih banyak pihak ini, Kampung Nusantara, SMK Bakti Karya dan Komunitas dapat bermanfaat dan menjadi lebih baik kedepannya.

    Dapatkan Newsletter Dari Kami