Pelatihan Raksa Mental

Salam Pramuka!

Rabu, (24 Juli 2019) SMK Bakti Karya Parigi untuk pertama kalinya mengadakan kegiatan Raksa Mental. Acara ini dimulai dengan upacara pembukaan yang begitu hikmat. Tiga puluh satu peserta yang mengikuti kegiatan Raksa Mental terlihat sangat antusias untuk mengikuti serangkaian acara kegiatan.

Kegiatan lintas alam

Agenda pertama dari kegiatan Raksa Mental adalah Lintas alam. Lintas alam ini bertujuan melatih peserta dalam mengendalikan emosi, bekerja sama dan bertoleransi dengan teman sangganya. Bukan hanya itu, karena SMK Bakti Karya Parigi memiliki program Kelas Multikultural maka selama perjalanan bukan hanya mental dan spiritual mereka yang dilatih tetapi mereka juga saling membagikan budayanya selama perjalanan.

“Kami belajar menyanyi menggunakan Bahasa Papua selama di jalan untuk menciptakan suasana yang nyaman”

ungkap Anisa Sholehatul, salah satu peserta yang berasal dari Kabupaten Pangandaran.

Kamis (25/7/19) dalam acara Raksa Mental SMK Bakti Karya Parigi juga mendapatkan kunjungan dari Pukesmas Selasari, dalam kunjungan kali ini mereka melakukan penyuluhan PHBS tatanan Sekolah, Penjaringan Kesehatan, dan Deteksi Anemia pada Remaja Putri. Serangkaian kegiatan ini merupakan salah satu program Pukesmas.

“Untuk Penjaringan kesehatan dilakukan pada semua jenjang sekolah, sedangkan deteksi anemi pada remaja putri hanya dilakukan pada jenjang SMP/MA Sederajat dan SMA/SMK Sederajat”

ungkap Pak Kamal, Perwakilan dari Pukesmas Selasari.

 

Peraturan Baris Berbaris

 

Kamis, (27 /07/2019) hari kedua pelaksanaan kegiatan Raksa Mental di SMK Bakti Karya Parigi. Para tamu ambalan yang merupakan angkatan ke- IV Kelas Multikultural sedang belajar Peraturan Baris Berbaris. Materi ini diberikan agar para calon penegak dapat mempraktekkannya di kegiatan Pramuka berikutnya, dalam peraturan baris berbaris mereka juga dilatih untuk cepat tanggap dan menyelaraskan gerakan dengan calon penegak lainnya. Antusiasme calon penegak pun sangat tinggi, matahari yang terik seakan semakin membakar semangat mereka untuk menerima materi Peraturan Baris Berbaris.

 

Operasi Semut

Setelah beraktivitas saatnya kita operasi semut agar kebersihan sekolah tetap terjaga. Mereka tidak takut kotor , karena mereka Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia. Kegiatan bersih bersih ini juga merupakan program Kelas Ekologi untuk menyadarkan kita betapa pentingnya menjaga kebersihan lingkungan agar alam kita terawat.

Kunjugan Ketua Harian Dewan Kerja Cabang Kab. Pangandaran

Kegiatan Raksa Mental SMK Bakti Karya Parigi juga mendapat kunjungan dari Hj. Usep Ependi S. Pd. M. PD selaku Ketua Harian Dewan Kerja Cabang Kab. Pangandaran. Kak Usep membawakan materi tentang persatuan bagi para calon penegak di SMK Bakti Karya Parigi.

Sebelum mengakhiri kegiatan raksamental, Siswa SMK Bakti Karya Parigi diajarkan cara menanam, agar terbiasa menjaga dan melestarikan lingkungan . Siswa SMK Bakti Karya Parigi, dibiasakan dan diajarkan menanam  pohon walau sekedar menanam umbi-umbian disekitar lingkungan di Sekolah.

Setelah melewati atau mengikuti kegiatan Raksa Mental selama dua hari  penuh semangat. Selamat kepada teman-teman angkatan ke-IV Kelas Multikultural  karena telah resmi menjadi seorang Pramuka Penegak di SMK Bakti Karya Parigi.

Masuk ke akun kamu

REK. BRI A.n yayasan darma bakti karya
401901007247533